Arumi Bachsin Ajak Semua Pihak Cegah Stunting di Jatim

TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak.

Surabaya, Jatim Hari Ini – Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak mengajak semua pihak untuk ikut bersama-sama mencegah persoalan stunting atau kekurangan gizi kronis pada balita di tengah-tengah masyarakat.

Tak hanya itu, Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak itu pun kembali berharap agar angka stunting di Jatim bisa segera turun mengingat pemerintah saat ini tengah mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045.

Bacaan Lainnya

“Tujuannya agar generasi penerus Indonesia tidak mengalami masalah seputar potensi sumber daya manusia dan tingkat kesehatan,” ujar Arumi Bachsin saat menjadi pembicara dalam Podcast Serasa : Jatim Cegah Stunting, yang diselenggarakan di Studio MPC BKKBN Jatim, Senin (31/5/2021) pagi.

Arumi mengatakan, data World Bank menjelaskan, 54 persen dari usia angkatan kerja saat ini mengalami stunting di masa bayinya.

“Artinya, sebanyak 54 persen angkatan kerja saat ini adalah penyintas stunting. Ini yang membuat stunting menjadi perhatian serius pemerintah,” imbuh Arumi.

Menurutnya, prevalensi stunting adalah masalah perkembangan yang krusial untuk segera dientaskan. Pasalnya, kekurangan gizi kronis pada balita diperkirakan akan menghambat momentum generasi emas Indonesia 2045.

Apalagi masalah stunting bukan hanya mempengaruhi tumbuh kembang di masa balita saja, tetapi juga saat menginjak dewasa.

Melihat persoalan itu, selaku Ketua TP PKK Prov. Jatim, Arumi menekankan bahwa PKK memiliki peran yang sangat signifikan dalam upaya menurunkan stunting.

“Di Jatim ini, banyak sekali desa dan kelurahan yang jumlahnya mencapai 8.501. Masing-masing punya kelompok PKK yang diurus 10-15 orang. Nah ini akan sangat membantu kita untuk menurunkan prevalensi stunting di Jatim,” ungkap Arumi. (tik)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60