Warga Bisa Dapatkan Pupuk Organik Gratis di DLH Lumajang

Pupuk organik.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pupuk organik yang dihasilkan dari pengolahan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang dapat juga dimanfaatkan oleh warga.

Untuk mendapatkan manfaat itu, warga bisa mengajukan permohonan ke DLH Lumajang. Pemohon diwajibkan mengisi formulir yang telah disediakan.

Bacaan Lainnya

Direktur Bank Sampah Induk Kalpataru, Danar Indra Kusuma menyampaikan, sebelumnya pupuk organik yang dihasilkan DLH hanya digunakan kalangan sendiri.

Namun kini bisa dimanfaatkan juga oleh masyarakat. Pihaknya juga melayani permintaan dari organisasi maupun kelompok. Namun dengan syarat tertentu.

“Kalau untuk lingkungan, harus mengetahui RT RW juga tetap mengisi formulir, gratis Mas,” ujar Danar ketika ditemui jatimhariini.com.

Lanjutnya, untuk permintaan kelompok atau instansi, pihaknya membatasi hingga sebanyak 5 zak. Sedangkan untuk perorangan sebanyak 2 zak.

“Selama persediaan masih ada, akan kita layani tapi tidak boleh dijual,” ucapnya mewanti-wanti.

Dalam sehari, pihaknya bisa memproduksi pupuk organik dalam bentuk padat sebanyak kurang lebih 10 kilogram. Pupuk organik padat tersebut diolah dari sampah daun yang telah dihancurkan dan difermentasi.

“Sementara hanya pupuk organik padat, untuk pupuk organik cair masih dalam tahap uji coba,” pungkasnya. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60