Sisa 1 Pasien Covid-19 di Lumajang, Dinkes: Zona Kuning Bukan Patokan Aman

Kepala Dinkes Lumajang dr. Bayu Wibowo.

Lumajang,  Jatim Hari Ini – Kabupaten Lumajang berhasil menekan penularan Covid-19. Data terakhir dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Lumajang, tersisa satu pasien Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri.

Saat ini pun Kabupaten Lumajang masih masuk dalam zona kuning atau daerah dengan resiko rendah. Namun pihak Dinkes Lumajang menyebut, zona kuning bukan patokan sebuah daerah dikatakan aman dari penyerabaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinkes Lumajang dr. Bayu Wibowo menyampaikan, pemerintah pusat menggunakan belasan indikator untuk menentukan zona suatu wilayah. Masing-masing indikator akan dihitung menggunakan skor penilaian bukan ditentukan database persebaran Covid-19.

“Secara total terdapat 15 indikator utama dan itu yang menentukan BNPB (Badan Nasional Penaggulangan Bencana),” katanya saat dikonfirmasi jatimhariini.com, Senin (31/05/2021).

Ia menegaskan, meskipun di zona kuning, pengendalian kedisiplinan harus tetap dilakukkan dengan ketat. Guna mencegah penularan Covid-19 sehingga masyarakat tetap memiliki kesadaran mematuhi protokol kesehatan.

“Meskipun kemungkinan kasus nol zero belum tentu menjadi zona hijau, operasi yustisi terus dilakukkan dengan berkolaborasi dengan semua pihak. Baik pemerintah, penegak hukum maupun masyarakat sendiri,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya ditarget 1 per seribu penduduk  per minggu untuk dilakukkan tes PCR. Namun hal itu belum terealisasi.

“Target pemeriksaan sendiri masih di bawah standart, ingin melakukkan tracking ke setiap orang belum di lakukkan karena terkendala biaya dan sumberdaya yang lain” imbuhnya.

Disamping itu, untuk vaksinasi sesuai instruksi gurbenur semua yang jadi prioritas utama sudah tervaksinasi. Dengan total mencapai 4.000 orang, tetapi masih menyisahkan guru SMP dan SD belum disuntik Vaksin.

“Untuk masyarakat umum sendiri untuk vaksinasi massal diperkirakan bulan juli dan pengajuan mencapai sekitar 600 ribu orang,” pungkasnya. (ted/fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60