Mahasiswa Unej Diskusi Bahasa Jurnalistik dengan Redaksi Jatimhariini.com

Mahasiswa Unej mendatangi Kantor Jatimhariini.com.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Sejumlah mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Jember (Unej) mendatangi Kantor Jatimhariini.com, Senin (31/5/2021) pagi.

Kedatangan mereka untuk diskusi bahasa jurnalistik dan yang utama untuk menyelesaikan tugas Ujian Akhir Semester (UAS). Mereka mendapat tugas penyuluhan bahasa pada redaksi media massa.

Bacaan Lainnya

Empat mahasiswa itu mengenalkan beberapa istilah baru dalam Bahasa Indonesia. Seperti pansos, julid, mager, dan maksi. Istilah baru itu menurut mereka bisa dimasukan dalam bahasa jurnalistik.

Salahsatu mahasiswa, Rikky Zaimas Mustahim menyampaikan, istilah baru itu muncul mengikuti perkembangan zaman. Bahan istilah baru itu biasanya diambil dari 3 sumber.

“Dari Bahasa Indonesia, bahasa nusantara yang serumpun, dan bahasa asing,” ungkapnya.

Salahsatu jurnalis jatimhariini.com yang menemui mereka, Fitroh Kurniadi mengungkapkan, kata atau istilah baru dalam Bahasa Indonesia memang bisa terus bertambah.

Namun tidak semua kata atau istilah baru itu bisa dimasukan dalam bahasa jurnalistik. Tergantung kebutuhan kata dalam membuat karya berita. Media juga memiliki ciri khas tersendiri dalam penulisan berita.

“Untuk diksi, kadang tiap media berbeda. Antar wartawan atau jurnalis, pemilihan kata dalam menulis berita juga berbeda,” ungkapnya. (ted/fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60