Gubernur Jatim Kunjungi Wisata Tirtosari View Lumajang

Khofifah mengunjungi tempat Wisata Tirtosari View.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi tempat wisata Tirtosari View di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Minggu (30/5/2021) malam.

Dalam kesempatan itu, Khofifah menjelaskan, ada program Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jatim.

Bacaan Lainnya

Tujuannya untuk pengembangan produk wisata, pelatihan penyusunan SOP oleh Tim East Java Ecotourism Forum, Pelatihan Clean, Healthy, Safety, Environment Sustainibility (CHSE) oleh Disbudpar Jatim.

“Pemprov Jatim akan terus melakukan pendampingan bagi BUMDes dan termasuk di Tirtosari View,” katanya.

Diketahui, jumlah BUMDes sendiri di Jawa Timur total 6.118 BUMDes. Dengan klasifikasi maju 537 BUMDes, berkembang 2.285 BUMDes, serta pemula 3.296 BUMDes.

Dari total ribuan BUMDes, tersebut sebanyak 267 BUMDesa sudah berhasil mengelola unit usaha wisata.

Khofifah juga mengapresiasi Tirtosari View, karena penghasilan yang diperoleh juga disalurkan untuk warga setempat. Seperti biaya operasional masjid, kemudian untuk tunjangan bagi guru ngaji atau guru kontrak.

“Konsep yang ada ada di wisata tirtosari ini dengan tagline Wisata Alam dan Wisata Amal bisa menjadi referensi bagi daerah wisata lain di Jawa Timur maupun seluruh Indonesia,” tuturnya.

Diketahui kerjasama yang dilakukan Pemprov Jatim dan Pemkab Lumajang serta desa dengan dukungan PT. HM Sampoerna serta Yayasan Rumah Kita Sidoarjo.

Sementara itu, Bupati Thoriqul Haq menyampaikan, Lumajang memiliki konsep pariwisata yang kolaboratif. Seperti konsep wisata yang memiliki spot olahraga sehingga potensi satu dengan lainya saling terhubung.

“Kami berharap potensi wisata yang di kemas saling menguntungkan satu sama lainya,” ujarnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60