Bupati Banyuwangi Ingin Pelaku Wisata Lebih Bersinergi Geliatkan Pariwisata

Bupati Ipuk saat menghadiri musyawarah cabang VIII BPC PHRI Kabupaten Banyuwangi.

Banyuwangi, Jatim Hari Ini – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengajak seluruh pelaku wisata, seperti pemilik hotel dan restoran untuk lebih bersinergi dengan Pemkab menggeliatkan kembali pariwisata daerah.

Dukungan pemerintah pusat pada pariwisata Banyuwangi yang saat ini tengah dilaksanakan, harus diikuti kesiapan SDM daerah untuk menyambut wisatawan. Hal itu dilontarkan Bupati Ipuk saat menghadiri musyawarah cabang VIII BPC PHRI Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (29/5/2021).

Bacaan Lainnya

Ipuk mengatakan untuk mempersiapkan sektor pariwisata pasca pandemi, pemerintah pusat saat ini akan mempercepat pembangunan SDM dan berbagai infrastruktur di Banyuwangi.

Dukungan tersebut antara lain pembangunan sejumlah infrastruktur, dukungan pada World Surf League (WSL) yang akan dihelat di Banyuwangi, dan pembangunan cable car (kereta gantung) di Kawah Ijen. Termasuk di Agrowisata Tamansuruh, Taman Nasional Alas Purwo, Pulau Merah, dan beberapa titik lainnya.

“Pusat sudah berbuat banyak untuk Banyuwangi, kita yang di daerah harus bergerak cepat mempersiapkan pendukungnya, terutama SDM kita. Ars.ulai sekarang kita siapkan apa saja yang bisa dilakukan untuk mempercepat gerak sektor pariwisata di masa pandemi ini,” kata Ipuk.

Untuk itu, Ipuk mengajak pebisnis hotel dan restoran bersinergi dengan pemkab, menciptakan inovasi agar bisa bertahan dan bangkit di tengah lesunya ekonomi dampak pandemi covid-19.

“Kuncinya adalah kerja keras, kerja bareng, dan inovasi. Banyak potensi yang bisa kita gali. Pemkab saat ini akan serius mengembangkan wisata berbasis desa, kita libatkan warga desa setempat. Saya minta pelaku wisata, hotel dan restoran bisa mengambil peran di sana,” kata dia. (idr)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60