Renovasi Rumah Warga Desa Kaliwungu Lumajang Terkendala Administrasi

Kondisi rumah warga Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh yang tidak layak huni.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Postingan oleh salahsatu akun di grup facebook Lumajang cukup menarik simpati warganet. Pasalnya, dalam unggahan itu, tertulis salahsatu warga Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh tinggal di rumah tidak layak huni yang hampir roboh.

Postingan tersebut juga memperlihatkan kondisi rumah yang ditinggali Bu Jamak dalam bentuk video. Dalam rekaman video itu terlihat beberapa kayu digunakan pemilik rumah untuk menyangga bangunan tersebut. Rumah tersebut juga terlihat kurang terawat dan kumuh.

Bacaan Lainnya

Hayin menyebut bahwa postingan terkait rumah tidak layak huni di Dusun Sumber Rejo itu tidak sepenuhnya benar. “Bu Jamak memang tinggal di rumah itu, tapi bukan berarti perangkat desa atau masyarakat sekitar tidak peduli,” tutur Ketua RT 11 RW 04 itu kepada jatimhariini.com, Sabtu (29/5/2021).

Ia menjelaskan, sebelumnya Bu Jamak sudah dibangunkan rumah keluarga miskin (gakin) dengan menggunakan dana swadaya juga bantuan dari desa. Karena sesuatu hal, rumah yang dibangun itu kemudian dibongkar oleh Bu Jamak. Kemudian pindah ke sebelah utaranya.

“Tanah yang ditempati itu statusnya numpang, tapi para tetangga sepakat membangunkan rumah yang dibongkar itu. Di rumah yang sekarang juga masih numpang,” jelasnya.

Hayin menambahkan, jika tetangga di sana juga sering memberi bantuan, termasuk menyalurkan listrik untuk penerangan. Namun pemilik rumah tetap menolak dengan alasan tidak jelas. “Kita beri lampu cas-casan juga nggak mau, trus dikembalikan,” imbuhnya.

Kades Kaliwungu, Siti Rukaya kepada jatimhariini.com menyampaikan jika pihaknya sudah sering kali memberikan bantuan. Pihaknya juga merasa kesulitan ketika menyalurkan bantuan karena terkendala administrasi.

“Bu Jamak ini kan belum punya KTP, tapi terus kita upayakan kesejahteraannya. Kendalanya itu,” ujarnya.

Terkait bantuan rumah, pihaknya akan berupaya untuk duduk bersama dengan pemilik tanah. Jika pemilik tanah membolehkan untuk dibangunkan rumah, akan dibuatkan rumah.

“Kalau bedah rumah kan harus tanah milik sendiri! tetap akan kita upayakan,” pungkasnya. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60