Banyuwangi Mulai Terapkan Metode Tanam Agro Solution

Tanam perdana sistem pertanian modern tersebut dilakukan di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu.

Banyuwangi, Jatim Hari Ini – Kabupaten Banyuwangi mulai menerapkan metode tanam agro solution. Hal itu bekerjasama dengan PT Pupuk Indonesia.

Tanam perdana sistem pertanian modern tersebut dilakukan di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Sabtu (30/5/2021). Diharapkan dengan metode ini, produktivitas pertanian meningkat dua kali lipat.

Bacaan Lainnya

“Agro solution adalah jawaban masalah pertanian. Semoga sinergi inovasi bersama BUMN pupuk ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Di Kecamatan Sempu, program agro solution dijalankan di lahan seluas 100 hektare. Agro solution sendiri merupakan program yang digerakkan bersama oleh BUMN bidang pupuk untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Serta menambah penghasilan petani dengan pendampingan komprehensif, mulai on farm sampai off farm. Di sektor on farm alias pengembangan di lahan, disediakan produk input pertanian non-subsidi berkualitas. Baik itu pupuk, benih, serta pestisida dan sebagainya.

Di samping itu, ada kawalan teknologi dan bimbingan teknis budidaya pertanian. Di sektor off farm, ada akses permodalan melalui perbankan, jaminan atas risiko gagal panen, serta kepastian pembelian panen oleh trader atau offtaker.

“Dengan program ini, petani dan teman-teman penyuluh pertanian bisa mendapatkan pendampingan metode pertanian modern untuk meningkatkan produktivitas. Sinergi ini juga memberikan kemudahan pada petani untuk mendapat bantuan modal perbankan dan jaminan gagal panen,” kata Ipuk. (idr)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60