Rangsang Warga Peduli Lingkungan, Sungai Waru Jadi Tempat Budidaya Ikan

Sungai Waru penuh dengan ikan.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Ada hal yang tak lazim di Sungai Waru. Tepatnya di Desa Banjarwaru, Kecamatan/Kabupaten Lumajang. Ikan berbagai jenis dan warna warni menghiasi aliran Sungai Waru.

Ikan-ikan dibiarkan berenang bebas di aliran sungai. Sehingga, siapapun yang lewat di sepanjang aliran Sungai Waru bisa menikmati keindahan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kita budidaya ikan di sungai ini selain untuk hiburan warga, juga supaya masyarakat terdorong untuk menjaga kebersihan sungai,” tutur Samsul Arifin, S.Pt selaku kepala Desa Banjarwaru ketika ditemui jatimhariini.com, Sabtu (29/5/2021).

Lanjut Samsul, semenjak sungai tersebut dijadikan tempat budidaya ikan, banyak warga yang merasa senang. Terutama kalangan anak-anak dan remaja.

“Biasanya pagi atau sore banyak anak-anak yang lihat ikan itu Mas,” katanya.

Karena senang itulah, sedikit demi sedikit banyak warga yang tergugah untuk turut merawat dan menjaga kebersihan sungai. Apabila ada orang luar yang hendak mengambil ikan tersebut, warga sekitar akan menegur dan melarangnya.

Sementara warung-warung yang sebelumnya membuang sampah ke sungai, setelah ada budidaya ikan mereka tidak lagi membuang sampah sembarangan. “Kita sediakan tempat sampah, jadi sungai tetap bersih,” jelas Samsul.

Pihaknya mengaku memperoleh benih ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten dan Propinsi, dengan berkirim surat. Jenis ikan yang dibudidayakan diantaranya jenis tawes, mujaer, nila dan ikan lokal lainnya.

“Kelompok pemudanya yang sering memberi makan, hasilnya ya untuk masyarakat,” pungkasnya. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60