Wakil Gubernur Bali Minta Izin Gelar Upacara Piodalan di Lumajang

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Gede Agung Sukawati bersilahturami dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq

Lumajang, Jatim Hari Ini – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Gede Agung Sukawati bersilahturami dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Selasa (25/5/2021).

Wagub Bali bersama rombongan dari Pemprov Bali ditemuai bupati dan Wakil Bupati Indah Amperawati di Pendopo Arya Wiraraja.

Bacaan Lainnya

Dalam agenda kunjangan tersebut, Wagub Bali meminta izin agar warga Hindu Bali bisa menggelar Upacara Piodalan di Pura Mandiri Giri Semeru pada 24 Juni mendatang.

“Upacara Piodalan tahun lalu di tiadakan akibat penyakit Covid-19, harapan di tahun ini masyarakat Bali bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut atas izin bupati dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Cok Ace, panggilan akrab Wagub Bali.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, tentu mengizinkan warga Bali bisa mengikuti Upacara Piodalan di Lumajang. Kebijakan itu diambilnya untuk menjaga toleransi beragama. Meski dirinya mengizinkan, tetapi ada beberapa syarat yang harus dipatuhi.

“Untuk Warga Hindu Bali yang ingin ikut Upacara Piodalan, agar membawa surat swab dan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes),” ungkap Cak Thoriq.

Diketahui kapasitas dari Pura Mandiri Giri Semeru hanya mencapai 5.000 orang. Sedangkan saat kegiatan Upacara Piodalan berlangsung nanti, dibatasi hanya 60 orang per hari.

“Kami berharap mereka bisa menjalankan acara keagamaan tersebut dengan khidmat, sedangkan mekanisme pengamanan nantinya di koordinasikan dengan kepolisian dan instansi pemerintah terkait,” pungkasnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60