Pemkab Lumajang Gratiskan Rapid Tes Antigen Santri yang Balik ke Ponpes Luar Kota

Rapid Tes Antigen bagi santri.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pemkab Lumajang melalui Dinas Kesehatan menggratiskan Rapid Tes Antigen bagi santri yang bakal balik ke pondok pesantren (ponpes). Namun, hanya santri yang akan kembali ke ponpes di luar kota saja.

“Kami tidak memfasilitasi semua santri, hanya skala prioritas saja, terlebih ada keterbatasan dana,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Wibowo, Selasa (25/05/2021).

Bacaan Lainnya

“Kami memang mengutamakan yang ke luar kota. Bagi santri yang mondok di Kabupaten Lumajang, tidak perlu,” tuturnya pada jatimhariini.com.

Bayu menambahkan, anggaran kegiatan tersebut diperoleh dari BNPB. “Dari Bantuan tersebut jika ada yang terkonfirmasi positif, Pemkab bisa mengambil tindakan dengan cara 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment,” imbuhnya.

Sementara itu, sebanyak 734 santri sudah mendapatkan pemeriksaan swab antigen gratis mulai tanggal 20-24 Mei. Ada 10 tempat untuk melayani rapid tes antigen.

Diantaranya di Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten, selebihnya di beberapa Puskesmas Candipuro, Pasirian, Tempursari, Ranuyoso, Pasrujambe, Yosowilangun, Klakah, Jatiroto, dan Pronojiwo.

“Kami menunjuk beberapa tempat agar tidak ada kerumunan saat rapid test antigen gratis, bagi santri cukup membawa kartu untuk pemeriksaan,” sambung dia. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60