Kecelakaan Maut KA Turangga vs Fuso di Sidoarjo, Sopir Tewas

Petugas Satlantas Polresta Sidoarjo mengevakuasi mobil truk dan menertibkan jalan.

Sidoarjo, Jatim Hari Ini – Truk fuso bermuatan air mineral tertabrak Kereta Api (KA) Turangga jurusan Surabaya–Jogjakarta di perlintasan rel kereta api di jalan raya Krian–Mojosari. Tepatnya di Desa Klagen, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Selasa (25/5/2021) sekitar pukul 04.45 WIB.

Kecelakaan itu bermula saat truk yang dikemudikan M Soleh melaju dari arah selatan menuju ke utara. Kemudian ditabrak KA Turangga yang melintas dari arah barat menuju ke timur. Akibatnya, sopir truk tewas di lokasi kejadian.

Bacaan Lainnya

Kanit Laka Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng Sulistiyono mengatakan, kecelakaan truk  fuso bernopol B 9032 BOA dan KA Turangga ini terjadi, diduga adanya keterlambatan dalam penutupan palang pintu rel KA.

Saat KA Turangga melintas melintasi palang pintu rel, kereta menabrak bagian belakang sebelah kiri truk hingga terguling dan muatanya berserakan.

“Truk masuk di perlintasan kereta. Kemudian dari arah barat KA Turangga melintas dan menabrak bagian belakang truk,” kata Sugeng Sulistyono.

Sugeng juga menjelaskan, bahwa pihaknya kini sedang melakukan penyelidikan dan memeriksa saksi-saksi diantaranya petugas piket di pos perlintasan KA.

Unit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo juga mendalami sistem pengiriman sinyal dari pos kereta sebelum Pos Klagen. Petugas akan memeriksa jaringan alat yang ada dan akan melakukan pengecekan terjadinya keterlambatan saat menutup perlintasan kereta.

“Kalau memang palang pintu tidak bisa turun, tentunya petugas perlintasan membawa bendera merah tanda hati-hati. Namun kita masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Ia menambahkan, akibat kecelakaan maut tersebut, perlintasan kereta di sana sempat mengalami kemacetan hingga 2 jam lebih. Dikarenakan masih harus melakukan evakuasi sopir truk dan muatanya yang berserakan di jalan dan area perlintasan rel KA. (jum/cho)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60