Gubernur Jatim Kunjungi PPP Mayangan Kota Probolinggo, Pantau Aktivitas Bongkar Muat Ikan

Gubernur Jatim melihat aktivitas bongkar muat ikan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Kota Probolinggo.

Probolinggo, Jatim Hari Ini – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Kota Probolinggo, Senin (24/5/21) siang. Kedatangannya untuk melihat langsung aktivitas bongkar muat ikan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Kota Probolinggo.

Khofifah hadir didampingi jajaran dinas Provinsi Jawa Timur. Diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla), Dishub, dan Disperindag. Kedatangan mereka disambut langsung Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin.

Bacaan Lainnya

“Saat pandemi, sebetulnya nilai tukar petani dan nelayan tumbuh positif. Kunjungan Presiden 6 Mei lalu di Kabupaten Lamongan memberikan referensi bahwa pada dasarnya ekspor ikan di pasar luar negeri cukup tinggi,” buka Khofifah menjelaskan maksud kedatangannya siang itu.

Oleh karenanya, salah satu UPT Diskanla Pemprov Jatim yang bersinergi dengan PPP Mayangan Kota Probolinggo dapat memaksimalkan tingkat aktivitas dari UPT Diskanla yang ada di Mayangan ini.

“Jika dulu kemungkinan terjadinya pendangkalan lima tahun sekali, sekarang pendangkalan terjadi dua tahun sekali. Oleh karena itu, maksimalisasi supaya kapal besar bisa merapat menjadi berkurang kalau tidak dilakukan pengerukan,” ucapnya.

Selain membahas masalah pengerukan, Khofifah melihat minimnya fasilitas memadai saat bongkar muat ikan.

“Butuh akses listrik, butuh driking dan beberapa perbaikan (jika akses lebih bagus) bisa membuat banyak kapal yang bersandar di sana. Tentu dapat memaksimalkan pertumbuhan ekonomi yang bisa meneteskan kesejahteraan bagi seluruh elemen masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.

Khofifah pun mengungkapkan rasa syukurnya terkait pertumbuhan pertanian dan perikanan Jawa Timur meskipun dalam situasi pandemi Covid-19.

“Sektor pertanian kita (Jawa Timur) produksi padi tertinggi di seluruh Indonesia, juga sektor perikanan kita juga tetap tumbuh positif saat pandemi Covid-19,” terangnya.

Menyikapi kunjungan gubernur, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyambut baik atas sinergi Pemprov Jatim dengan Pemerintah Kota Probolinggo.

“Kami atas nama pemerintah kota mendukung upaya penanganan bongkar muat ikan. Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan ini ada solusi yang dapat membawa dampak manfaat untuk para nelayan,” harap wali kota yang akrab disapa dengan sebutan Habib Hadi ini. (Gas)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60