Ada Perubahan RAB Hunian Sementara untuk Korban Gempa Lumajang

Hunian sementara yang sudah ditempati warga.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Ada perubahan Rencana Anggaran Belanja (RAB) hunian sementara (huntara) yang diberikan oleh pihak Pemkab Lumajang kepada warga terdampak gempa.

Rencana awal, huntara yang semula berukuran 4×4 meter berubah menjadi 3,6×3,6 meter. Sebelumnya, rencananya di huntara itu akan disertakan kamar mandi juga, namun berubah tanpa kamar mandi.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang menegaskan, perubahan RAB tersebut dilakukan setelah pihaknya melakukan verifikasi dan mempertimbangkan kondisi di lapangan.

“Huntara yang semula 4×4 meter, agar lebih cepat pemasangannya dan tidak perlu memotong triplek, sehingga berubah jadi 3,6×3,6 meter. Per lembar tripleknya kan 120 sentimeter, satu sisi kita pakai 3 triplek. Jadi ya itu 3,6×3,6 meter per unit,” jelas Joko ketika dihubungi jatimhariini.com, Minggu (23/5/2021).

Berikutnya, menurut Joko, kamar mandi di huntara itu dirasa tidak efektif. Menurutnya, kamar mandi warga juga masih bisa digunakan. Sehingga huntara selanjutnya dipasang tanpa disertai kamar mandi.

“Pengurangannya hanya 3 lembar triplek, 1,5 galvalum, closet dan paralon. Selisih biayanya tidak banyak, per unit huntara antara RP 5-6 jutaaan,” terangnya.

Ditinjau dari segi keamanan, huntara tersebut masih cukup beresiko bagi warga yang memiliki anak kecil. Karena banyak sisi-sisi galvalum dan baut yang tajam. Khawatir bisa menggores tangan anak ketika bermain di dalam rumah.

Sedangkan huntara yang sudah dipasangi listrik, dikhawatirkan ada aliran listrik yang mengalir melalui rangka galvalum itu.

“Nanti akan kita sempurnakan, supaya tidak berbahaya. Kabel lampu akan kita beri paralon supaya lebih aman,” imbuh Joko.

Target awal, ada 100 unit huntara yang dibangun pada tahap pertama. Sementara ada 61 unit yang siap dibangun. Namun baru sekira 52 unit yang sudah selesai dibangun dan ditempati warga per tanggal 23 Mei.

Bantuan tersebut difokuskan di wilayah Tempursari dan dilakukan secara bertahap. “Hari ini sudah kita droping lagi sebanyak 30 unit dan siap bangun,” pungkas Joko. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60