Posbakum YBBH Lumajang Siap Beri Bantuan Hukum di 21 Kecamatan

Halal-bihalal dan kuliah hukum yang digelar Posbakum YBBH Lumajang di Kantor Peradi Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Yayasan Biro Bantuan Hukum (YBBH) Lumajang telah mendirikan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Pengurus Posbakum YBBH Lumajang yang baru dibentuk ini juga sudah tersebar di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang.

Bacaan Lainnya

“Jadi Peradi (Perhimpunan Advokat Indonesia) itu dahulunya membuat YBBH Lumajang, dan biro ini membentuk Posbakum yang ditempatkan di masing-masing kecamatan,” kata Ketua Peradi Lumajang, Abdul Rokhim SH M.Si, Sabtu (22/5/2021).

Ia menegaskan, tugas utama Posbakum adalah membantu masyarakat mengetahui hak dan kewajiban di depan hukum. Kemudian bisa memberikan pemahaman hukum ke masyarakat secara proposional.

“Serta membantu masyarakat yang memiliki masalah hukum. Membantu mereka, mencarikan solusi ketika menghadapi masalah hukum,” ujarnya saat halal-bihalal dan kuliah hukum yang digelar Posbakum YBBH Lumajang di Kantor Peradi Lumajang.

Bantuan hukum tersebut diberikan kepada siapapun. Termasuk masyarakat yang tidak mampu. “Pada prinsipnya, bantuan diberikan kepada siapapun yang mencari keadilan,” pungkasnya.

Ketua Posbakum YBBH Lumajang, Hisbullah Huda SH MH menambahkan, pihaknya siap memberikan bantuan hukum pada masyarakat di 21 kecamatan. Karena kepengurusan sudah dibentuk di setiap kecamatan.

“Selain melakukan  kegiatan yang sifatnya penyuluhan hukum, juga melakukan proses bantuan hukum yang sifatnya gratis. Dengan catatan bagi mereka yang tidak mampu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, di kepengurusan Posbakum ini diisi para advokat dan paralegal. “Di Posbakum ini, selain dvokat juga ada paralegal,” pungkasnya. (fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60