Vaksinisasi untuk Lansia di Banyuwangi Ditarget Selesai Akhir Juni

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Balai Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Rabu (19/5/2021).

Banyuwangi, Jatim Hari Ini – Pemerintah Banyuwangi menargetkan vaksinisasi untuk kalangan lanjut usia (lansia) bisa selesai di akhir Juni 2021. Total ada 150 ribu lansia yang akan menerima Vaksin Covid-19.

“Setelah itu kami lanjutkan untuk sasaran berikutnya,” kata Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Balai Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Rabu (19/5/2021).

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan vaksinisasi untuk lansia ini dilakukan secara serentak oleh 45 puskesmas sejak Senin (17/5/2021). “Sebenarnya, pada Maret lalu kami sudah mulai melakukan vaksinasi bagi lansia namun masih dalam jumlah sedikit. Dari catatan Dinas Kesehatan, baru sekitar 3.200 lansia yang telah divaksin,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan, vaksinisasi untuk lansia ini dilakukan di beberapa tempat. Bahkan petugas ada yang datang langsung ke rumah lansia.

“Ada yang menggunakan balai desa atau balai dusun. Ada juga yang proaktif mendatangi rumah lansia yang memiliki keterbatasan, sehingga mereka tetap terlayani dengan baik dan mendapatkan haknya,” katanya.

Lanjutnya, Banyuwangi telah menerima vaksin AstraZeneca sebanyak 254.180 dosis. Dari jumlah itu, sebanyak 150 ribu dosis diperuntukkan bagi lansia. Sisanya, disasarkan pada petugas pelayanan publik, dilanjutkan para pelaku ekonomi dan kalangan lainnya.

“Petugas pelayanan publik kali ini ini juga termasuk kader-kader posyandu yang menjadi sasaran kami. Untuk pelaksanaannya, di luar lansia dilakukan di 13 rumah sakit dan 4 klinik yang ada di Banyuwangi,” kata Rio. (idr)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60