Produsen Mercon asal Klakah Lumajang Terancam Hukuman Mati

Pelaku dan barang bukti saat di konferensi pers Polres Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pengusaha mebel berinisial S (36), warga Dusun Darungan, Desa Mlawang, Kecamatan Klakah diringkus Tim Resmob Polres Lumajang lantaran terbukti memproduksi ratusan mercon berbagai ukuran, Selasa (11/5/2021) malam.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan 718 buah mercon ukuran kecil dan 18 buah mercon ukuran besar, berikut alat yang digunakan membuat mercon.

Bacaan Lainnya

Wakapolres Lumajang, Kompol Kristiyan Boerbel Martino, SH, SIK, MM. ketika pers rilis menyampaikan jika pelaku sudah 2 tahun ini memproduksi mercon secara otodidak.

Pelaku memperoleh bubuk mesiu dari warga Probolinggo seharga Rp. 100 ribu per kilonya. Mercon buatannya dijual seharga Rp. 50 ribu per meternya.

“Awalnya pelaku membuat mercon dipakai sendiri, namun pelaku juga melayani jika ada yang memesan,” tutur Kompol Kristiyan.

Disinggung apakah pelaku juga terlibat dalam pembuatan bondet yang biasa digunakan pelaku kejahatan, Wakapolres menyampaikan penyidikan yang dilakukan pihaknya masih belum mengarah kesitu.

Pihaknya juga masih menyelidiki siapa saja yang memesan mercon tersebut dari pelaku.

“Pelaku terancam hukuman mati atau seumur hidup, minimal diancam hukuman selama 20 tahun,” pungkasnya. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60