Jelang Lebaran, Banyak Ditemukan Mamin Tak Layak Edar di Swalayan Kota Probolinggo

Sidak mamin di sejumlah swalayan di Kota Probolinggo.

Probolinggo, Jatim Hari Ini – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, banyak ditemukan produk makanan dan minuman (mamin) yang tidak layak edar di swalayan di Kota Probolinggo.

Hal itu diketahui setelah adanya sidak mamin di sejumlah swalayan yang berlokasi di Jalan dokter Sutomo Kota Probolinggo, Rabu (5/5/21). Sidak dilakukan oleh pihak Pemkot Probolinggo bersama Kepolisian dan Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam sidak yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan Ir Gogol Sudjarwo itu, sedikitnya ada 30 jenis produk mamin yang tidak layak edar. Barang-barang tersebut kemudian diamankan oleh petugas.

“Barang-barang yang tidak layak dan tidak sesuai, yang kami temukan di sini diantaranya dari kemasan, PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga), produk luar tidak ada label halal, tidak tercantum tanggal kelayakan konsumsi. Barang temuan yang tidak layak untuk dijual ini kita tarik dan kita amankan, sehingga teguran kita kepada penjual dapat mengikat,” terangnya.

Bahkan petugas juga menemukan barang yang sudah habis masa berlakunya (expired) masih dipajang di rak.  Dengan adanya temuan itu, Gogol Sudjarwo mengatakan, pemerintah akan melakukan pembinaan kepada pihak swalayan.

“Barang-barang ini sudah kita ambil, kita buatkan berita acara, kita pinjam nanti kita kembalikan lagi. Tugas kita dari DKUPP dan Dinkes hanya membina baik dari produsen maupun toko yang menjual. Mudah-mudahan kedepan hal seperti ini tidak terulang lagi. Mungkin ini terjadi karena kontrolnya kurang,” tandas Gogol. (gas)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60