Operasi Ketupat, Forkopimda Jatim Fokus Antisipasi Pemudik

Forkopimda Jawa Timur menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru.

Surabaya, Jatim Hari Ini – Forkopimda Jawa Timur menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Rabu (5/5/2021) pagi. Apel dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dan didampingi Pangdam V Brawijaya dan Sekdaprov Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Nico menyebutkan, Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H. Serta mengantisipasi adanya pemudik.

Bacaan Lainnya

Irjen Nico menegaskan, pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik lebaran. Ini merupakan tahun kedua, pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19.

“Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun 2020/1441 H,” tambahnya.

Lanjut Kapolda, keinginan masyarakat untuk melaksanakan mudik sulit untuk ditahan. Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, apabila Pemerintah tidak melaksanakan larangan mudik maka akan terjadi pergerakan orang yang melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang.

“Namun setelah diumumkannya larangan mudik, masih terdapat 7% atau 17,5 juta orang yang akan melaksanakan mudik. Oleh karena itu, kegiatan Operasi Ketupat-2021 harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi,” lanjut dia. (tik)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60