Rawan Kriminalitas, Sat Sabhara Lumajang Himbau Pemilik Toko Emas

Sat Sabhara Polres Lumajang patroli di pertokoan.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Menjelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah yang tinggal menghitung hari, Sat Sabhara Polres Lumajang terus meningkatkan patroli untuk mempersempit peluang terjadinya aksi tindak kriminalitas, terutama di wilayah perkotaan.

Patroli tersebut dilakukan dengan menyasar sejumlah tempat yang menjadi objek vital, seperti perbankan, pusat perbelanjaan, pegadaian dan tempat keramaian. Hal itu dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman pada masyarakat Lumajang dalam menyambut Idul Fitri.

Bacaan Lainnya

“Bukan hanya di jalan, di pertokoan juga kita lakukan patroli,” tutur Kasat Sabhara, AKP Jauhar Ma’arif, S.Sos kepada Jatimhariini.com, Selasa (4/5/2021).

Lanjutnya, pihaknya juga melakukan patroli ke sejumlah toko emas yang ada di sepanjang jalan PB sudirman sekaligus memberi himbauan, supaya pemilik toko lebih waspada ketika melayani pelanggan. Khawatir ada pelaku kejahatan yang berpura-pura menjadi pembeli atau sengaja menjual emas palsu.

Mengingat kebutuhan hidup masyarakat menjelang lebaran sangat tinggi, tidak menutup kemungkinan seseorang akan berbuat nekat dengan melawan hukum, seperti mencuri, menjambret atau pun menjual emas palsu demi memenuhi kebutuhan itu.

“Kita himbau supaya pembeli emas konvensional (perseorangan) atau pemilik toko emas tidak melayani penjualan emas yang tidak dilengkapi dengan surat-surat. Khawatir emas tersebut merupakan barang curian,” katanya.

Apabila ada yang kedapatan melayani penjualan emas curian, maka pihaknya akan memproses sesuai dengan hukum yang berlaku. “Tetap kita proses, dengan sangkaan sebagai penadah,” pungkasnya.  (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60