Diduga BLT-DD Padomasan Jember Diselewengkan Oknum Perangkat

Kepala Desa Padomasan Trimanto.

Jember, Jatim Hari Ini – Salahsatu program bantuan dari pemerintah adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). BLT ini merupakan bantuan uang yang diberikan ke keluarga miskin di desa dari Dana Desa (DD) untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Sayangnya, niat baik  pemerintah, diduga dijadikan lahan mencari keuntungan pribadi atau sekelompok oknum, yang tega mengambil hak masyarakat miskin tersebut.

Bacaan Lainnya

Hasil investigasi beberapa media, ditemukan adanya dugaan penyelewengan anggaran BLT-DD tahun 2020 di Desa Padomasan Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Diduga adanya keterlibatan oknum perangkat desa setempat.

Sejumlah KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di sana mengaku mengeluh tidak menerima BLT-DD tahun 2020 sesuai ketentuan yang ada. Yaitu sebesar Rp 600.000 sebanyak 3 kali untuk bulan Juli, Agustus, dan September. Serta untuk bulan Oktober, Nopember, dan Desember sebesar Rp 300.000.

Kepada media, warga mengaku menerima hanya sebanyak 4 atau 5 kali saja. Uang BLT-DD mereka terima dari seorang oknum perangkat desa berinisial S.

Kepala Desa Padomasan Trimanto ketika dikonfirmasi awak media menegaskan, pihaknya sudah menyalurkan dana tersebut. “Kalau dari desa sudah dikeluarkan, seandainya mungkin ada penyimpangan saya tanggung jawab, resikonya saya nanti karena anak buah saya, ” tegas Trimanto ditemui di kantor desa setempat, Jumat (30/4/2021).

Lebih lanjut Trimanto mengatakan, KPM yang mengaku tidak  menerima uang BLT sesuai haknya dengan total Rp 2,7 juta mungkin lupa jika menerima. “Sudah, mungkin yang menerima itu wong pikun atau bagaimana saya gak tahu,” katanya.

Sementara Bastomi, Camat Jombang, Kabupaten Jember ketika di konfirmasi mengatakan, pihaknya siap bersikap sebagaimana aturan berlaku. “Silahkan ungkap semuanya, saya akan bersikap sebagaimana aturan yang berlaku,” ungkap Bastomi. (to2/her)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60