Pilkades Serentak Kabupaten Probolinggo Selesai, 50 Persen Petahana Tumbang

Salahsatu TPS Pilkades Serentak di Probolinggo.

Probolinggo, Jatim Hari Ini – Pesta demokrasi pada perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 62 desa Kabupaten Probolinggo telah usai. Hasilnya, 50 persen petahana tumbang dalam Pilkades tersebut.

Hal menarik itu diketahui dari hasil hitung cepat yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo. Dari data hasil rekap hitung cepat yang diterima Jatimhariini.com, terdapat 30 petahana dan hanya sekitar 23 petahana yang terpilih kembali.

Bacaan Lainnya

Seperti halnya yang terjadi di Desa Purut Kecamatan Lumbang. Terdapat dua mantan kades yang kalah dengan selisih perolehan suara cukup signifikan. Yakni Ummi fitriyana calon nomor 2 sebagai pendatang baru yang memperoleh 2.905, mengalahkan Mahmud calon nomor 1 dengan perolehan 135 suara dan Rosit calon nomor urut 3 dengan hasil suara 925.

Ugas Irwanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Probolinggo ketika dikonfirmasi, mengaku gembira atas kondusifitas situasi pemilihan. “Alhamdulillah sampai malam ini tidak ada hal yang menonjol. Ketidakpuasan calon yang belum beruntung aman terkendali mas,” jawabnya.

Terkait adanya 50 persen petahana yang kalah, Uugas menerangkan banyak faktor. Diantaranya, pertama, selama menjabat kurang maksimal dalam menjalankan amanahnya.

Kedua, penantang ternyata bisa menyakinkan pemilihnya untuk sebuah harapan agar pembamgunan desa akan lebih baik dibawah kepemimpinannya. Ketiga, mantan kesandung masalah dan janji kampanye yang belum ditepati. Keempat, karena takdir.

Pilkades Serentak Kabupaten Probolinggo berjalan dengan aman. Dalam pengamanan melibatkan ratusan personil dari TNI/P0LRI. Terdiri dari personil Brimob dan Dalmas Polda Jawa Timur.

“Harapan kita adalah menastikan pada pilkades serentak kali ini berjalan tertib,aman dan lancar.untuk itu saya mengajak masyarakat bersama sama menjaga kindusifitas wilayah probolinggo,” terang Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy irawan. (zein)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60