Tampung Aspirasi Masyarakat, Pemdes Wonoayu Sidoarjo Gelar Musdes RPJMDes

Pelaksanaan Musdes RPJMDes di Pendopo Kantor Desa Wonoayu.

Sidoarjo, Jatim Hari Ini – Pemerintah Desa (Pemdes) Wonoayu Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat menggelar rapat pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) periode 2021–2026, Sabtu (1/5/2021) malam.

Musyawarah desa yang dilaksanakan di pendopo kantor desa setempat tersebut, dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Wonoayu, Kepala Desa (Kades) Wonoayu, beserta jajaranya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, para ketua RT dan RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta sejumlah perwakilan warga setempat.

Bacaan Lainnya

Kades Wonoayu, H Supriyadi menjelaskan bahwa tujuan RPJMDesa agar desa memiliki dokumen perencanaan pembangunan desa dalam lingkup skala desa yang berkesinambungan dalam waktu 6 tahun dengan menyelaraskan kebijakan pembangunan pemerintah kecamatan maupun pemerintah kabupaten.

“RPJMDesa juga sebagai dasar atau pedoman kegiatan pembangunan di desa Wonoayu ini, dan sebagai masukan penyusunan RAPB Desa,” ujar Supriyadi.

Menurutnya, sasaran RPJM Desa tersebut tetap  konsisten sesuai visi dan misi serta sesuai dengan kaidah penyusunan rencana (Spesifik, Terukur. Dapat diterima, Realistis dan Jelas kerangka waktunya). Dan bahkan, RPJMDesa ini juga sebagai pedoman dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa).

“Sehingga menjamin konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi,” ujarnya.

Kades tiga periode ini juga berharap, agar elemen masyarakat desa setempat dapat mendukung visi–misinya kedepan, sehingga apa yang direncanakan dapat terwujud demi kemajuan Desa Wonoayu.

“Harapan saya, setiap dusun  mengajukan usulannya dalam perencanaan ini, sehingga bisa menjadi satu rencana pembangunan kedepan dengan skala prioritas kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (jum/cho)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60