Ragam Olahan Jamur Merang Lumajang Cocok untuk Berbuka Puasa

Makanan olahan dari jamur merang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Jamur Merang Lumajang ternyata bisa diolah menjadi ragam makanan. Hal ini tentunya sangat cocok sebagai pilihan menu untuk berbuka puasa.

Selain untuk makanan, jamur merang juga bisa disajikan sebagai minuman. Seperti hasil kreasi dari ibu-ibu PKK di Kecamatan Sumbersuko. Mereka bisa menciptakan Es Cincau Merang.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk makanan olahan, mereka telah mengolah jamur merang menjadi naget, empek-empek, dan siomay.

Di bulan Ramadan, pengolahan makanan dinilai sangat penting. Untuk itu, melihat potensi petani jamur merang di Kecamatan Sumbersuko, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang dan TP PKK Kecamatan Sumbersuko mencoba mengolahnya menjadi kudapan saat berbuka.

“Sekarang kita kembangkan jamur merang ini di olahan lainnya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Perlu penganekaragaman pangan, supaya masyarakat tahu jamur merang ini bisa diolah untuk bahan makanan lainnya,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Hertutik, Sabtu (1/5/2021).

Menurutnya, pengolahan makanan juga bertujuan agar masyarakat tidak bosan dengan menu yang monoton. Sehingga, pengolahan makanan dengan satu bahan tertentu bisa digunakan untuk berbagai macam makanan. (fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60