May Day, Sudahkah Buruh di Lumajang Sejahtera?

Ilustrasi May Day. (Sumber: Linovhar.co.)

Lumajang, Jatim Hari Ini – Tiap 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh atau May Day. Tahun-tahun sebelumnya, May Day selalu diwarnai aksi demo dari para buruh.

Di Lumajang sendiri, May Day tidak ada aksi pergerakan massa buruh yang turun ke jalan. Iwan, salah satu buruh menyampaikan, Ia lebih menikmati Hari Buruh ini dengan santai di rumah bersama keluarga.

Bacaan Lainnya

“Seperti biasa mas, di May Day ini, saya bisa menikmati waktu bersama keluarga,” kata buruh pabrik kayu ternama di Lumajang, Sabtu (1/5/2021).

Selain itu, Ia mengaku UMK sudah terpenuhi bahkan juga diberikan jaminan sosial dan kesehatan. Untuk jaminan sosial juga dibayarkan porsi terbesar dari pengusaha, buruh hanya bayar sebagian kecil saja.

“Setiap tahun lebaran pasti mendapatkan THR satu kali gaji belum lagi bonusan tahunan dari perusahaan,” ungkapnya pada Jatimhariini.com.

Namun ada buruh lainnya yang mengaku tak seberuntung Iwan. Ia mengaku jika dari gaji masih jauh di bawah UMK yang dinilainya masih sangat jauh dari sejahtera.

“Masih sangat jauh mas, tapi bagaimana lagi. Saya juga butuh pekerjaan untuk kehidupan sehari-hari,” ungkapnya yang namanya enggan disebutkan.

Tak hanya itu, di Hari Buruh ini, ia berharap adanya perhatian lebih dari pemerintah agar buruh bisa mendapatkan jaminan sosial dan kesehatan. Di Hari Buruh pun Ia tetap kerja seperti biasa.

“Semoga pemerintah lebih peduli lagi kepada nasib buruh yang secara formal dan informal jauh dari kata layak,” janda anak satu tersebut. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60