Pemkab Banyuwangi Keluarkan 527 Izin Usaha Mikro di Desa Temuasri

Bupati Banyuwangi ketika mendatangi Desa Temuasri.

Banyuwangi, Jatim Hari Ini – Program Bupati Berkantor di Desa (Bunga Desa) telah dilaksanakan di Desa Temuasri, Kecamatan Sempu. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Pemkab Banyuwangi memberikan pelayanan langsung pada masyarakat setempat.

Program Bunga Desa yang digelar 21 April 2021 lalu itu, Pemkab Banyuwangi telah mengeluarkan 527 izin usaha mikro dan menerbitkan 2.810 berbagai dokumen adminduk warga desa setempat.

Bacaan Lainnya

“Sengaja kami membawa layanan ini turun ke desa, agar warga bisa lebih mudah mengakses layanan pemerintahan,” kata Ipuk, Rabu (28/4/2021).

Selama Bunga Desa itulah petugas melakukan pendampingan kepada warga desa pelaku usaha mikro untuk mengurus izin usaha. Petugas menerangkan apa manfaatnya melakukan pengurusan ini. Misalnya agar pelaku usaha mikro bisa mendapatkan kepastian hukum dan juga kemudahan mengakses bantuan permodalan.

“Setelah tahu manfaatnya, banyak pelaku usaha mikro yang berbondong-bondong mengurus izin usaha ini,” kata Ipuk.

Menurut data dari DPMPTSP, selama program Bunga Desa yang telah berjalan selama delapan pekan, total ada 1.117 izin usaha mikro yang telah diterbitkan di Kabupaten Banyuwangi. Angka ini, kata Ipuk, di luar jumlah pelaku usaha lain yang mengurus secara mandiri lewat online

”Ini melebihi target kami yang awalnya 1.000 izin selama 100 hari awal pemerintahan kami. Namun, saya minta ini dipacu terus,” imbuh bupati yang baru dilantik pada 26 Februari itu. (idr)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60