Menteri PPPA Siap Bantu Pemulihan Psikologis Korban Gempa di Lumajang

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspa Yoga mengunjungi lokasi terdampak gempa.

Lumajang, Jatim Hari Ini  – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspa Yoga, S.E, M.Si mengunjungi lokasi terdampak gempa di Kabupaten Lumajang, Rabu (28/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Ia mengatakan, siap membantu pemulihan psikologis korban gempa. Terutama korban yang masih anak-anak. Dirinya akan terus berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait dan pemerintah daerah untuk menyediakan layanan psikologis bagi korban gempa.

Bacaan Lainnya

“Di situasi pasca bencana juga selain kebutuhan spesifik, pelayanan kesehatan dan psiko-sosial perempuan dan anak terdampak harus diperhatikan,” ujarnya saat berada di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari.

Pihaknya juga memastikan agar perlindungan perempuan dan anak menjadi tanggung jawab bersama. Dengan demikian, semua hak perempuan dan anak harus tetap terpenuhi dalam kondisi apapun, termasuk di tempat pengungsian.

“Hal itu merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk hadir secara nyata dalam upaya pelindungan perempuan dan anak pada situasi paling sulit sekalipun,” tuturnya.

Selanjutnya Darmawati memberi Apresiasi atas penanganan cepat Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Lumajang di lokasi pengungsian. Ia juga menerima usulan wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati tentang mitigasi bencana.

“Saya menerima usulan wakil bupati lumajang, nantinya bisa saya komunikasikan dengan BNPB. Penerapan protokol kesehatan harus terus dilakukan, seperti menjaga jarak sebisa mungkin, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer,” pungkasnya.

Dalam kunjungan menteri itu, hadir pula Wakil Bupati Lumajang, Ketua PKK Lumajang, serta pejabat terkait lainnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60