Penyekatan Pemudik Mulai Diberlakukan di Jawa Timur

Apel Kesiapan Larangan Mudik Lebaran digelar Forkopimda Jawa Timur.

Surabaya, Jatim Hari Ini – Apel Kesiapan Larangan Mudik Lebaran digelar Forkopimda Jawa Timur di Lapangan Mapolda Jatim, Senin (26/4/2021). Apel ini pun sebagai pertanda bahwa operasi penyekatan larangan mudik di Jawa Timur mulai diberlakukan.

Seluruh personel gabungan akan disiagakan untuk mengantisipasi masyarakat yang mudik ke sejumlah daerah di Jatim. Nantinya, seluruh personel akan disebar di sejumlah titik atau pos masing-masing untuk melakukan penyekatan.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah sudah memberikan batasan bahwa mulai tanggal 22 April sampai 6 Mei 2021, ini masih diizinkan perjalanan masuk Jawa Timur tentunya. Tetapi, harus menunjukkan surat bebas Covid-19,” kata Pangdam V Brawijaya Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Suharyanto.

Dijelaskan, mulai 6 Mei 2021, masyarakat tak diperkenankan lagi mengenakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi untuk mudik. Penyekatan itu juga salah satu wujud pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 di Jatim.

“Setelah sampai nanti tanggal 16 Mei 2021, selesai hari raya, itu tidak boleh lagi (mudik). Seluruh transportasi umum, nanti tidak beroperasi. Nah, di sinilah tugas dari aparat Polri dibantu oleh TNI dan komponen bangsa yang lain, melaksanakan penyekatan-penyekatan,” jelasnya.

Para personel gabungan akan segera di plot sesuai daerah masing-masing yang telah ditentukan. Diharapkan personel gabungan yang mengemban amanat, untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Perihal kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI yang belakangan cukup banyak datang ke Provinsi Jatim, Ia mewanti-wanti untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Serta melakukan antisipasi serta bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait.

“Untuk kemarin saja, hampir 2.000 PMI. Nanti disamping melaksanakan penyekatan pengamanan larangan mudik, juga akan dilibatkan dalam proses pengurusan PMI tersebut,” pungkas Pangdam V Brawijaya. (jum)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60