Mendekati Lebaran, Kenaikan Harga Bahan Pokok di Lumajang Masih Wajar

Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang Aziz Fachrurrozi.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang Aziz Fachrurrozi mengatakan, kenaikan harga pada beberapa bahan kebutuhan pokok di pertengahan Ramadhan 1442 Hijriah atau menjelang lebaran, masih dalam batas kewajaran.

“Kenaikan itu masih berada di ambang kewajaran,” ungkapnya, saat dikonfirmasi jatimhariini.com via telpon pada Selasa (27/4/2021) pagi.

Bacaan Lainnya

Harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional masih terpantau mengalami kenaikan pada sejumlah komoditas. Diantaranya daging ayam ras dari Rp 34 ribu menjadi Rp 38 ribu per kilogram dan telur ayam ras dari Rp 24 ribu menjadi Rp 26 ribu per kilogram.

Ia menambahkan, Dinas Perdagangan masih terus melakukan pemantauan harga dan apabila ada kenaikan di atas ambang kewajaran. Pihaknya akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga bahan pokok.

“Kalau sudah di atas ambang kewajaran, kami akan mengadakan operasi pasar,” imbuhnya.

Ia juga mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dan melakukan penimbunan bahan pokok selama Ramadhan. Karena pihaknya memastikan stok bahan pokok di Lumajang aman hingga Lebaran nanti.

“Berbelanjalah secukupnya saja dan tidak perlu menimbun, karena kebutuhan stok bahan pokok di Lumajang cukup sampai Lebaran nanti,” harapnya.

Pantauan di Pasar Baru Lumajang, harga beras kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram, gula pasir Rp 12 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp 14 ribu per kilogram, daging sapi Rp 110 ribu per kilogram, daging ayam Rp 37 ribu perkilogram, dan telur ayam ras Rp 26 ribu per kilogram.

Sementara itu untuk bumbu dapur seperti bawang merah Rp 24 ribu per kilogram, bawang putih Rp 26 ribu perkilogram, cabai rawit masih tinggi Rp 70 ribu perkilogram, dan cabai keriting Rp 40 ribu perkilogram. (yon)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60