Bupati Pasuruan Minta Ketua RT/RW Ikut Cegah Pemudik

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf memimpin Apel Serentak di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan, Senin (26/04/2021) pagi.

Pasuruan, Jatim Hari Ini – Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf menyampaikan, saat ini Kabupaten Pasuruan berada di status resiko sedang penyebaran Covid-19. Sedangkan grafik kasus aktif dan kasus kematian akibat covid-19 cenderung menurun.

Meski begitu,  dirinya menghimbau agar seluruh elemen masyarakat tetap kompak dalam menerapkan protokol kesehatan. Khususnya memantau pergerakan pemudik yang pulang kampung meski masih dalam situasi pandemi.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, peran Ketua RT dan RW sangat penting sebagai informan pertama yang siap untuk melakukan pencegahan terhadap warga yang datang dari luar daerah atau yang akan mudik.

“Caranya adalah dengan sama-sama saling mengawasi jikalau ada warga yang mudik atau yang datang dari luar daerah. Bisa diingatkan untuk bagaimana bisa mencegah agar tidak tertular Covid-19,” katanya saat Apel Serentak di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan, Senin (26/04/2021) pagi.

Tak hanya itu saja, Bupati juga menginginkan agar ada pengecekan dokumen administrasi seperti KTP dan surat keterangan hasil swab bagi warga luar daerah yang melakukan mudik ke Kabupaten Pasuruan.

“TNI, POLRI dan masyarakat sama-sama menegakkan dan mewujudkan kamtibnas serta sosialisasi ataupun pendekatan persuasif. Kepala desa bekerjasama dengan perangkat desa sampai lapisan yang paling bawah yakni RT dan RW untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang keluarganya berada di luar Kabupaten Pasuruan agar tidak melaksanakan mudik,” tegasnya. (nur)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60