Perhutani Lumajang Temukan 83 Gelondong Kayu Pinus Curian di Curah Koboan

Kayu curian berhasil diamankan petugas.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Sedikitnya ada 83 gelondong kayu Pinus hasil curian diamankan petugas Perhutani di wilayah Curah Koboan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo.

KRPH Sumberurip Kecamatan Pronojiwo ketika ditemui jatimhariini.com menyampaikan, awal mulanya pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang tak jauh dari lokasi penemuan kayu tersebut. Ada sebuah truk mencurigakan sedang mengangkut potongan kayu pinus dari arah hutan pada Minggu (25/4/2021) pagi.

Bacaan Lainnya

Mendapat informasi seperti itu, pihaknya langsung mendatangi lokasi dimaksud. Ketika dalam perjalanan menuju lokasi, pihaknya menemukan puluhan batang pohon pinus di tepi jalan.

Setelah dilakukan proses penyelidikan, ternyata ditemukan tonggak kayu baru ditebang berada di petak 3H blok Curahkoboan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo.

“Tonggak kayu Pinus itu kami temukan di petak 3 H blok Curahkoboan,” ucap Oso.

Setelah 83 gelondong kayu itu diamankan, pihaknya berkoordinasi dengan Polsek Candipuro meminta  pengawalan menuju ke Polres Lumajang.

Tujuannya untuk melaporkan terkait ditemukannya 83 gelondong kayu Pinus Curian yang ditemukan ditepi jalan diblok Curahkoboan bisa terungkap dan pelakunya tertangkap.

“Kasus pencurian kayu kami serahkan sepenuhnya kepada polisi. Berharap segera terungkap malingnya tertangkap,”harapnya.

Kapolsek Candipuro, AKP Sajito, SH saat dihubungi menyampaikan jika pihaknya dimintai tolong untuk pengamanan. Ia mengaku belum tahu secara rinci dimana lokasi illegal loging tersebut dilakukan dan berapa jumlah kayu yang dicuri.

“Ada 2 personil yang dimintai untuk pengamanan, Saya belum tahu detilnya,” jawabnya singkat.

Sementara Paur Subbag Humas Polres Lumajang ketika dihubungi menyampaikan bahwa laporan tersebut telah diterima. Saat ini pihaknya sedang melakukan proses penyelidikan terkait adanya illegal loging tersebut.

“Masih kita proses, saat ini masih kita periksa saksi-saksi, termasuk dari saksi ahli untuk menguatkan laporan tersebut,” tutur Ipda Andrias Shinta PW, SH, Senin (26/4/2021). (cho)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60