Polda Jatim Amankan Guru Swasta Perakit Senpi  Ilegal Asal Malang

Polda ungkap senjata api ilegal.

Surabaya, Jatim Hari Ini – Diduga sebagai perakit senjata api (senpi) ilegal, seorang oknum guru di wilayah Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang diamankan Polda Jatim.

Oknum guru berinisial AR itu diamankan berikut barang bukti yang diamankan petugas berupa 3 buah pucuk senpi rakitan dan puluhan amunisi.

Bacaan Lainnya

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, didampingi Wadirkrimum AKBP Nasrun Pasaribu dan Kasubdit III Jatanras AKBP Lintar Mahardhono mengatakan, AR mulai merakit senpi sejak Februari 2021 yang lalu.

Sedikitnya ada 7 pucuk senjata api yang berhasil dirakitnya. “AR merakit senpi sejak Februari 2021 yang lalu,” kata Kabid Humas kepada wartawan, Jumat (23/4/2021).

Dia menambahkan, hasil senjata rakitan itu oleh AR jual kepada pihak ketiga dengan harga bervariasi sesuai pesanan, harganya berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 6,5 juta.

Dalam proses mengerjakan senpi rakitan, tersangka selalu memakai alat-alat perbengkelan diantaranya grinda, alat bubut dan alat las, sedangkan profesi sehari-seharinya adalah guru swasta.

“Profesi AR sehari-hari guru swasta di salah satu SMP di sana,” terang Kabid Humas Polda Jatim.

Kini AR sudah diamankan di rumah tahanan Polda Jatim. Perbuatannya itu, dijerat dengan Pasal 1 UU Darurat No. 12 Tahun 1951 tentang senjata api.

AR terancam dipidana hukuman penjara maksimal 20 tahun.

“Barang bukti yang diamankan 3 buah pucuk senpi rakitan jenis Revolver, Baikal, Laras panjang reminten kaliber 5,56 mm,” tegasnya. (tis)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60