Lumajang Laporkan 3.361 Rumah Rusak untuk Dapat Bantuan BNPB

Bupati Lumajang Thoriqul Haq meninjau rumah warga yang rusak akibat gempa.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Verifikasi lapangan dampak gempa bumi di Kabupaten Lumajang telah dilakukan. Hasilnya, total ada 3.361 rumah rusak akibat gempa yang terjadi pada 10 April lalu.

Dari total itu, sebanyak 618 rumah tergolong rusak berat, 752 rumah rusak sedang, dan 1.991 rumah rusak ringan.

Bacaan Lainnya

Dari hasil verifikasi kerusakan ini, Bupati Lumajang Thoriqul Haq kemudian melaporkan jumlah kerusakan itu ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Data ini yang kami pastikan bahwa berdasarkan verifikasi lapangan by name by addres beserta foto dan lokasinya. Betul-betul kami pastikan ada, itu yang kami sampaikan kepada BNPB untuk diverifikasi,” kata bupati, Sabtu (25/4/2021).

Laporan itu segera diberikan di BNPB, agar bantuan perbaikan rumah dari pusat bisa segera dilakukan. “Harapan kami ada percepatan anggaran pemulihan dan rekontruksi pasca bencana di Lumajang,” jelas Thoriq.

Nantinya, rumah yang rusak berat mendapatkan bantuan perbaikan senilai Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta, dan rusak ringan Rp 10 juta.

“Sebelum realisasi pembiayaan dari BNPB, kami akan melakukan pembangunan hunian layak sementara bagi masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan berat,” kata bupati. (fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60