Hadang Pemudik, Ada 7 Titik Penyekatan Utama di Jatim

Gubernur bersama Forkopimda Jatim usai rapat koordinasi.

Surabaya, Jatim Hari Ini – Ada 7 titik penyekatan utama yang akan disiapkan di Jawa Timur. Penyekatan dilakukan di jalur perbatasan untuk menghalau pemudik.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, penentuan titik penyekatan itu sesuai hasil rapat koordinasi bersama jajaran Forkopimda Jatim dengan Panglima TNI, Kapolri, dan sejumlah menteri secara virtual di Gedung Rupatama Polda Jatim, Rabu (21/4/2021).

Bacaan Lainnya

Penyekatan utama diantaranya dilakukan di jalur tol Ngawi-Solo, jalur arteri Ngawi perbatasan dengan Sragen, Banyuwangi perbatasan dengan Bali, Magetan perbatasan dengan Karanganyar, Tuban berbatasan dengan Rembang, Pacitan perbatasan dengan Wonogiri, dan Bojonegoro perbatasan dengan Cepu.

“Jadi ada titik-titik yang memang kita lakukan penyekatan secara detail di situ,” kata gubernur.

Khofifah menjelaskan, penyekatan ini dilakukan sesuai dengan Instruksi Mendagri nomor 9 tahun 2021 tentang larangan mudik. Jika ada masyarakat yang nekat mudik, bisa dikarantina.

“Dalam Inmendagri Nomor 9 Tahun 2021 itu ada klausul dimana kalau ada yang kemudian nekat melakukan mudik, maka antara lain mereka akan dikarantina 5 x 24 hari dan biaya karantina atas mereka yang mudik itu,” tuturnya.

Ia pun berharap masyarakat mematuhi kebijakan pemerintah terkait larangan mudik. Hal ini untuk mengantasipasi penyebaran Covid-19. (tik)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60